Wednesday 9 September 2015

REVIEW FILM UP CLOSE AND PERSONAL

Film ini mengisahkan tentang bagaimana dunia kerja di stasiun televisi khususnya di bidang news. Dalam film ini juga menggambarkan kisah percintaan yang terjadi dengan sesama rekan kerjanya, yaitu Tally Atwater dan Warrem Justice. Justice merupakan direktur pemberitaan di Channel 9 dan pada akhirnya ia berdua menikah.

Pada awal penugasan di Channel 9, Tally menjadi reporter, ia meliput tentang proses wisuda dan ia mempraktekan langsung menjadi seorang reporter. Ia saat itu berhasil dengan baik. Namun, karena Justice melihat potensi yang dimiliki oleh Tally, ia meminta Tally untuk menjadi pembaca berita (news anchor). Tally saat itu ditugaskan untuk menjadi pembaca berita laporan cuaca. Saat Tally membacakan berita ia sangat terlihat gugup di depan kamera. Tally terlihat kurang percaya diri, karena untuk pertama kalinya menjadi pembaca berita.

Setelah kejadian yang gugup itu, Justice, langsung turun tangan mengajarkan Tally agar tidak gugup dan kaku dalam membacakan berita. Justice mengajarkan Tally agar melakukan improvisasi saat liputan. Berulang kali Tally mendapatkan arahan yang tegas dan matang dari Justice
Tally yang mendapat dukungan terus menerus dari Justice, tak henti-hentinya Tally selalu berusaha memperbaiki penampilannya sebagai reporter maupun pembaca berita. Dia berlatih secara terus-menerus, supaya menjadi seorang jurnalis televisi yang handal. Hasil latihannya tidak sia-sia bahkan berbuah manis.

Dalam presentasi berita yang dibawakannya, dia terlihat semakin percaya diri dan itu merupakan titik balik dia berkarya lebih baik lagi. Setelah dia memberikan penampilan yang berbeda saat membacakan berita, maka dia dievaluasi secara khusus oleh Justice karena Justice punya tanggung jawab atas Tally.

Saat Justice melihat Tally sudah menemukan kepercayaan dirinya sudah mulai tumbuh dan matang. Tally langsung ditugaskan meliput seorang narapidana bernama Fernando keturunan Spanyol. Walaupun pada awal terlihat gugup namun semua itu dapat diatasi dengan baik oleh Tally. Kemampuan Bahasa Spanyol yang dimiliki oleh Tally memudahkan ia untuk menggali informasi lebih dalam dari Fernando.

Pada suatu ketika ketika Tally sudah merasa nyaman dengan pekerjaannya ia diminta untuk pindah dari Channel 9, namun ia menolak. Tally pun mengevaluasi dan mengoreksi dirinya lagi supaya menjadi lebih baik. Pada akhirnya ia pun pindah ke News 7.

Justice yang melihat Tally pindah ke News 7. Ia tidak kecewa sama sekali ia malah memantau perkembangan Tally. Justice dan Tally bersama-sama mengevaluasi beberapa tayangan video berita yang dibawakan oleh Tally. Menurut Justice, saat Tally pindah ke News 7, ia kehilangan karakternya dalam membawakan berita. Tally dianggap mengikuti gaya Marcia yang juga pembaca berita dan berpengalaman di News 7. Akhirnya Tally pun menyadari bahwa dirinya harus menjadi diri sendiri.

Dalam dunia televisi kecemburuan atau persaingan pasti ada hal itulah yang terlihat antara Maria dan Tally. Maria selaku pembaca berita yang lebih senior daripada Tally. Maria merasa Tally mengambil alih kerjanya. Di situ, terlihat persaingan untuk menjadi pembaca berita utama. Sampai akhirnya, Tally menjadi seorang pembaca berita yang utama di News 7.

Namun, hal yang tidak dilupakan dalam film ini adalah ketika Tally mengingat kasus Fernando dan meminta kepada pemimpin redaksi untuk dijadikan headline. Akhirnya Tally mencoba mencari keterangan tambahan untuk meyakinkan berita yang ingin dia angkat itu penting dan mempunyai nilai berita.

Tally pun ke penjara untuk mendapatkan keterangan tambahan dari Fernanado. Saat Tally sedang meliput bersama kameramannya di penjara Holmesburg, ia terjebak di dalamnya. Saat itu di penjara terjadi kebakaran akibat narapidana yang ingin kabur. Pihak kepolisian lain pun datang beserta beberapa mobil pemadam kebakaran. Tally mencoba untuk “Live Report” dari tempat kejadian, namun saat disiarkan tiba-tiba tayangannya kabur dan hilang.

Setelah menunggu beberapa saat sampai akhirnya tayangan langsung secara ekslusif oleh Tally melalui News 7 di penjara dapat disiarkan dengan baik. Cuplikan wawancara Tally dengan Fernando menjadi headline yang berjudul “Krisis Holmesburg”. Namun, belum sempat keributan mereda, terjadilah bentrok antara para tahanan dengan kepolisian. Tally mengalami luka ringan, karena terjebak di dalamnya. Walaupun luka ringan Tally tetap mengabarkan peristiwa yang dia alami semalam.

Setelah kejadian dan liputan ekslusif Tally di penjara, ia mendapat tawaran IBS yang merupakan salah satu televisi ternama di Amerika Serikat. Akhirnya, ia menerima menjadi presenter berita di IBS dan itu merupakan puncak karirnya sebagai seorang jurnalis yang tetap sederhana namun lugas. Ketika malam puncak penghargaan bagi wartawan-wartawan di Amerika Serikat, Tally mendapat penghargaan.

KESIMPULAN
Kisah Tally Atwater dan Justice memberikan gambaran sangat jelas bagaimana alur kerja di dalam dunia jurnalistik khususnya televisi. Di mana tantangan dan resiko pasti ada, dan selalu dihadapi oleh siapa saja yang berkecimpung di dalamnya.

Semangat dan tak pernah lelah untuk terus berlatih menjadi pilar penting dalam mengembangkan karir di dunia jurnalistik. Walaupun kesalahan kecil pasti akan hadir setiap saat, namun semua itu dapat diatasi secara matang dengan persiapan dan jam terbang yang memadai.

Pemaran peristiwa di televisi juga harus berdasarkan fakta dan data di lapangan serta opini narasumber yang relevan dengan peristiwa yang terjadi untuk kemudian disiarkan kepada publik. Ciri khas yang utama di dunia televisi juga tayangan yang Ekslusif. Serta dalam dunia televisi kebersamaan dan kekompakan orang-orang di belakang layar maupun di depan layar harus tetap terjaga.

No comments:

Post a Comment

Lagi Galau? Ini Kata Mutiara Merry Riana Untuk Membuat Hidupmu Berwarna!

Merry Riana, sebuah nama yang tidak asing lagi bagi telinga kita. Di usia yang masih 38 tahun, ibu dari dua orang anak ini sukses menj...