Wednesday 9 September 2015

Belajar Menerapkan Indonesia Jaya Lewat Anak TK

Ketika melihat anak TK wisuda di Surya University, mereka dengan semangatnya tampil tanpa ada rasa malu dengan pakaian Indonesia. Mereka tak ragu berbusana daerah, memainkan alat musik daerah, menyanyikan lagu daerah, bahkan mereka terlihat saling akrab satu sama lain. Mereka tak canggung untuk saling berdiskusi.

Mungkin dari mereka tidak semua satu suku, agama, ataupun ras, bahkan ada yang baru kenal tetapi tekad kebersamaan selalu hadir dalam setiap kegembiraan. Apa yang melatarbelakangi mereka hidup damai tanpa adanya rasa kecemburuan? Apakah faktor guru mereka, orangtua mereka, atau lingkungan sosial?

Terlepas dari itu semua mungkin dalam benak hati mereka tidak tertanam rasa benci, iri, maupun hal negatif lainnya, yang mereka tahu adalah fokus melaksanakan kewajiban masing-masing dan saling kerjasama untuk mencapai tujuan.

Belajar dari apa yang anak TK tersebut hadirkan, di usia dini mereka sudah terjalin semangat persatuan, kesatuan, gotong royong, dan keakraban, mereka tak malu untuk saling bercengkrama satu sama lain. Dalam mengerjakan sesuatu mereka tak segan untuk tolong-menolong.

Seharusnya kita orang dewasa yang sudah dapat berpikir mana yang baik atau buruk, dapat lebih baik daripada apa yang anak TK tampilkan. Malu bila dalam diri kita masih ada ego yang tak mau bersatu, sampai saat ini saja masih banyak kita melihat keributan antar ras, agama, maupun rebutan jabatan politik, pengkotak-kotakan masih saja terjadi. Apakah itu jalan yang baik atau buruk untuk Indonesia?

Seandainya bila semua itu dihilangkan mungkin cita-cita Indonesia Jaya bukan mimpi belaka, dan akan dapat terwujud dengan nyata. Dari sabang sampai merauke hilangkan semua perbedaan, hidup dalam kebersamaan, saling menghormati, dan saling gotong royong untuk Indonesia lebih baik ke depannya.

Dari Indonesia, Untuk Indonesia, dan Kembali ke Indonesia

Salam Indonesia Jaya

No comments:

Post a Comment

Lagi Galau? Ini Kata Mutiara Merry Riana Untuk Membuat Hidupmu Berwarna!

Merry Riana, sebuah nama yang tidak asing lagi bagi telinga kita. Di usia yang masih 38 tahun, ibu dari dua orang anak ini sukses menj...