Wednesday 17 December 2014

Pengajar Tangguh

Di desaku, aku tersentuh dengan salah satu tokoh hebat (menurutku). Namanya Mr. Al, itu bukan nama aslinya. Kenapa aku tidak menyebutkan nama aslinya, dia sendiri pun di setiap kehidupannya tidak mau mengumbar-ngumbar tentang dirinya. Menurutnya sebagai perbuatan yang ria, perbuatan yang akan mengurangkan amal ibadahnya. 

Dia merupakan seorang guru ngaji di kampungku, beliau sudah mengajar 2 tahun lebih,  kalau tidak salah beliau hadir pada awal september 2012. Ketika Mr. Al hadir di kampungku, beliau melihat dikampungku penyebaran ilmu tentang islam sangat kurang, pengajian untuk anak usia dini masih sangat kurang. 

"Bagaimana generasi muda kita akan menjadi generasi yang soleh dan solehah untuk membangun bangsa, bila pendidikan anak usia dininya pun tidak didik dengan baik," Ujar Mr. Al saat pertama hadir di kampungku. 

Setelah percakapan pertama itu kepada semua keluarga di kampungku. Besoknya Mr. Al kemudian berinisiatif memberikan pengajaran kepada anak-anak di sana. Karena kegiatan beliau tidaklah padat beliau mengajar habis salat maghrib sampai ba'da Isya pukul 21.00. Beliau mengajar ilmu agama sendiri  tanpa dibantu oleh pendampingnya. 

Hal yang paling saya banggakan dengan Mr. Al, Mr. Al dalam mengajar bagus, dan paham sekali tentang ilmu agama, anehnya lagi beliau mengajar selalu memberikan pelatihan mental yang baik untuk anak-anak.

Sampai ketika rumahnya beliau dilanda hujan dan banjir beliau masih sempat untuk menempati janjinya mengajar kepada anak-anak. Janji menurutnya harus lebih diutamakan dan akan dipertanggung jawabkan kelak bila tidak dijalankan.

Sudah dua tahun mengajar beliau tidak dikenakan biaya sedikitpun untuk menuntut ilmu bersamanya, yang terpenting beliau mampu memberikan yang terbaik terhadap agama dan bangsanya.

Dari beliau pun saya belajar banyak untuk bekerja dan mengabdi tidak harus berpatok kepada materi yang terpenting dan terutama adalah bermanfaat untuk orang banyak. Beliau mengajarkan jangan sombong atas segala jabatan, jabatan yang disandarkan, seharusnya malu bila jabatan yang diterima tidak sesuai dengan hasil kinerjanya. 

No comments:

Post a Comment

Lagi Galau? Ini Kata Mutiara Merry Riana Untuk Membuat Hidupmu Berwarna!

Merry Riana, sebuah nama yang tidak asing lagi bagi telinga kita. Di usia yang masih 38 tahun, ibu dari dua orang anak ini sukses menj...