Sunday 21 September 2014

Pengenalan Persija Jakarta

     Etimologi
Persija asal kata dari Persatuan Sepak Bola Indonesia Jakarta sebelumnya bernama Voetbalbond Indonesische Jacatra (VIJ).
Jakarta sendiri merupakan ibukota dari Indonesia yang memiliki enam wilayah kota administrasi yaitu Jakarta Timur, Jakarta Barat, Jakarta Utara, Jakarta Selatan, Kepulauan Seribu dan Jakarta Pusat.

Definisi
Persija Jakarta adalah klub sepakbola yang berasal dari kota Jakarta yang mana Persija merupakan persatuan klub sepakbola internal yang mencakup enam wilayah kota adminsistrasi Jakarta. (Persija.co.id, 2013)

Sejarah

Persija didirikan pada 28 November 1928, tepat sebulan setelah Sumpah Pemuda, dengan cikal bakal dulu bernama Voetbalbond Indonesische Jacatra (VIJ). VIJ merupakan salah satu klub yang ikut mendirikan dari internal Persatuan sepak bola Seluruh Indonesia (PSSI) dengan keikutsertaan wakil VIJ adalah Mr. Soekardi dalam pembentukan PSSI di Societeit Hadiprojo Yogyakarta, Sabtu-19 April 1930.

Persija merupakan salah satu tim besar di Indonesia yang berdiri sejak 28 Nopember 1928 dengan nama Voetbalbond Indonesish Jacatra (VIJ). PascaRepublik Indonesia kembali ke bentuk negara kesatuan, VIJ berganti nama menjadi Persija (Persatuan sepak bola Indonesia Jakarta) (Persija.co.id).  Persija Jakarta mempunyai banyak sejarah yang tidak terlupakan sejak 1928 berdiri sampai tahun 2013. Persija Jakarta merupakan tim dari Ibukota yang sampai tahun 2013 masih menempati posisi tertinggi dalam peraihan prestasi di kancah Liga Indonesia.


Persija Jakarta mempunyai koleksi gelar Liga Indonesia sebanyak 10 kali sampai tahun 2013. Prestasi tertinggi terakhir Persija Jakarta di raih pada tahun 2001 saat meraih juara Liga Indonesia yang saat partai final mengalahkan PSM Makassar di Jakarta. Persija Jakarta saat ini mempunyai Home Base di Gelora Bung Karno, sebagai tempat untuk bertanding melawan tim di Liga Indonesia yang memiliki kapasitas 90.000 kursi penonton. Dalam pertandingan resmi PT Liga Indonesia selalu membuat keputusan kepada tim untuk membuat jersey sebagai pembeda saat di lapangan.

Klub ini mendapatkan perhatian yang besar dari Mantan Gubernur Jakarta, Sutiyoso, yang merupakan Pembina Persija. Kelompok pendukungnya bernama The JakmaniaSetiap musim baru berganti Persija Jakarta selalu membuat jersey yang menarik. Persija Jakarta setiap tahun membuat model jersey dengan bekerja sama dari semua pihak apparel olahraga. Di antaranya, Persija bekerja sama dengan pihak League di mulai dari tahun 2009 saat bergulir pertama kali Liga Super Indonesia (Persija.co.id, 2013). League merupakan merek global produk premium yang dikembangkan dengan teknologi dari Portland, Oregon USA. League juga menjangkau pasar internasional. 

League dikelola oleh PT Berca Retail Group (Bolasport.com, 2013). League dan Persija dalam membuat jersey selalu mengutamakan sebuah nilai-nilai yang ada dalam perjalanan atau sejarah dari klub Persija. Di Jersey ketiga Persija Jakarta di tahun 2013 ada yang unik saat diluncurkan bersamaan launching tim pemain Persija Jakarta ( Viva.co.id, 2013).

Dalam jersey ketiga Persija Jakarta tahun 2013 pihak League dan Persija  menghadirkan kembali warna merah untuk jersey kebanggaan tim Ibukota tersebut. Warna merah pada jersey Persija di tahun 2013 mengadopsi dari jersey terdahulunya yang memiliki motif yang sama dengan garis merah putih pada tahun 1985. Hal yang mencolok perbedaan jersey Persija antara tahun 2012 dan 2013 adalah di jersey tahun 2013 ada motif di dekat kerahnya yaitu tahun juara Persija dari awal berdiri sampai terakhir juara 2001. 

Bukan hanya itu terdapat desain yang unik yaitu adanya peta dari kota Jakarta yang menggambarkan kota berdirinya dari tim Ibukota tersebut. Kostum tersebut sepenuhnya dibuat oleh produsen League, dengan menggunakan bahan yang lebih ringan dan menyerap keringat, sehingga nyaman saat dipakai pemain Persija ( Antarafoto.com).

Dalam penelitian ini  penulis bermaksud ingin mengetahui lebih dalam tentang makna semiotika pada jersey ketiga Persija tahun 2013. Jersey Persija pada tahun 2013 merupakan jersey yang unik dan mempunyai makna simbolik yang sangat tinggi, mulai dari desain, motifnya sampai pada makna sejarah yang ada dalam tim Persija Jakarta sehingga sangat menarik untuk diteliti. Semiotika sendiri berasal dari kata Yunani “Semion” atau tanda, kerap diartikan sebaga ilmu tanda. Menurut Wibowo (2009) semiotik adalah ilmu tentang tanda. Studi tentang tanda dan segala yang berhubungan dengannya, cara berfungsinya, hubungannya dengan tanda-tanda lain, pengirimannya oleh mereka yang menggunakannya. Menurut Wibowo (2009), ilmu ini menganggap bahwa fenomena sosial atau masyarakat dan ke budayaan itu merupa kan tanda-tanda. Semiotik mempelajari sistem-sistem, aturan-aturan, konvensi-konvensi yang memungkinkan tanda-tanda tersebut mempunyai arti.

Daftar Klub Anggota Persija Jakarta menurut sumber web Persija.co.id diliris pada tahun 2012 sebagai berikut:

1. TRISAKTI FC
2. PS. TUNAS JAYA
3. PS. MENTENG YUNIOR
4. PS. SETIA
5. PS. POS INDONESIA
6. ATAMORA FC
7. RPM FC
8. PS. MC. UTAMA
9. UMS
10. PSAL
11. PSAD
12. PS. JAYAKARTA
13. PS. MAESA
14. PS. CHAMP 82
15. GUNJATI FC
16. PS. POP
17. PS. PUTRA NUSA
18. MONAS FC
19. PS. KARYA UTAMA
20. NUSANTARA FC
21. PS. AC SUAH API
22. PS. PUTRA INDONESIA
23. MENTENG FC
24. METROS FC
25. PS. PRATAMA
26. PS. HERCULES
27. MBFA
28. RED DEMON FC
29. PS. MAHASISWA
30. PS. BINTANG MUDA SENAYAN



No comments:

Post a Comment

Lagi Galau? Ini Kata Mutiara Merry Riana Untuk Membuat Hidupmu Berwarna!

Merry Riana, sebuah nama yang tidak asing lagi bagi telinga kita. Di usia yang masih 38 tahun, ibu dari dua orang anak ini sukses menj...